oleh

Hasil Hitung Cepat PSU Pilkada PALI, Petahana Ungguli Penantang 155 Suara

PALI, NAGARA.ID – Hasil hitung cepat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang dilaksanakan Rabu (21/4/2021) di empat TPS, berjalan dengan lancar dan aman.  Sementara beberapa jam kemudian berdasarkan hitung cepat, pasangan petahana nomor urut 02 Heri Amalindo-Sumarjono (HERO) berhasil mengungguli pasangan penantang nomor urut 1 Devi Harianto dan Darmadi Suhaimi (DH DS).

Adapun hasil selengkapnya perolehan suara dari empat TPS sebagaimana yang diputuskan Mahkamah Konstitusi adalah sebagai berikut: Desa Air Itam, TPS 09 pasangan DH DS (178), HERO (236); TPS 10 pasamgam DH DS (169), HERO (195), Desa Tempirai TPS 6 DH DS (190), HERO (118), Desa Babat TPS 6, DH DS (93), dan HERO (236).

Dari keempat TPS tersebut pasangan penantang, DH DS hanya unggul di Desa Tempirai yaitu TPS 7 dengan keunggulan 72 suara.  Sedangkan dari ketiga TPS lainnya dimenangkan pasangan HERO dengan total 227 suara.

Dengan demikian, dari total 1.415 suara masuk, HERO meraup 785 suara dan DH DS meraih 630 suara.  Artinya, petahana unggul 155 suara.

Kalah Jangan Meradang

Pengamat politik Sumsel Bagindo Togar yang dimintai pendapatnya, menilai hasil hitung cepat PSU PALI sudah ia prediksi.

Menurut dia, ada dua dari empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menggelar PSU yakni TPS Air Itam 9 dan 10 merupakan basis kuat petahana.

“Suara yang dibutuhkan petahana hanya 28% sedangkan penantang memnutuhkan 72 % di 4 TPS yang secara keseluruhan jumlahnya sekitar 1.500 suara. Dua dari empat TPS tersebut merupakan basis pendukung berat petahana,” katanya.

Sebaliknya, kondisi ini kurang menguat di kelompok pendukung penantang. Pola, isu juga model pendekatan terhadap para pemilih terkesan mudah dicermati, sehingga tak efektif juga tak signifikan untuk mendulang suara yang besar jumlahnya.

Namun demikian, Bagindo melanjutkan, terlepas siapapun yang akan dinyatakan sebagai pemenang secara sah oleh KPU nantinya,  ia sangat mengapresiasi para penyelenggara dan pihak keamanan yang mampu bekerja secara profesional, adil juga kredibel dalam menjalankan PSU di Kabupaten Pali

Yang kalah sebaiknya tidak meradang dan yang menang juga jangan bersikap mentang-mentang.  “Mari kembali bersatu membangun Kabupaten PALI karena kontestasi sudah selesai dan saatnya membangun untuk kemajuan PALI dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Bagindo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *