oleh

Kejurnas Catur ke-49 di Jakarta Pecahkan Rekor

JAKARTA, NAGARA.ID – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 Tahun 2023 di Jakarta International Expo Kemayoran yang akan berlangsung 14-19 Maret 2023 dibuka dengan sangat meriah.  Sebanyak 1.506 atlet akan bersaing pada pertandingan tingkat nasional. Jumlah peserta ini sekaligus memecahkan rekor MURI sebagai peserta terbanyak Kejurnas. Ini membuktikan bahwa cabang olahraga catur sudah sangat berkembang karena ketika dilaksanakan Kejurnas I, 70 tahun yang silam pesertanya hanya 16 orang.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengapresiasi kejurnas catur yang diselenggarakan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi). Menurutnya, ini merupakan pertama kali Kejurnas diikuti 1.500 atlet lebih. Sebelumnya, rekor peserta terbanyak terjadi di Jawa Timur dengan 1.300 atlet. “Tidak ada Kejurnas yang pesertanya 1.500 lebih.

Semoga Kejurnas yang diikuti banyak peserta ini membantu PB Percasi dalam memilih atlet-atlet terbaik Indonesia yang akan meraih prestasi yang membanggakan,” kata Marciano. Catur merupakan cabang olahraga yang berdampak pada kemampuan sumber daya manusia (SDM) karena memerlukan pikiran yang baik. Oleh karenanya, prestasi catur bisa mencerminkan kualitas SDM suatu bangsa.

“Catur ini betul-betul olahraga yang prestisius karena prestasi catur bisa membuat orang berpikir, rata-rata di Indonesia berapa tingkat intelegensinya,” jelas Marciano Norman.

Sementara itu Ketum PB Percasi GM Utut Adianto Wahyuwidayat menjelaskan bahwa catur berkembang dengan baik di Indonesia. Selain itu, katanya, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia memiliki potensi yang besar. Utut pun menargetkan Indonesia melahirkan atlet catur andalan Asia dan bahkan dunia. “Kita ini kaya ikan, dijaring dimana saja ada,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Harian PB Percasi Agustiar Sabran mengatakan Kejurnas Catur ke-49 ini memiliki konsep berbeda dibanding Kejurnas sebelumnya. Kejuaraan yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 300 juta itu akan menjadi jalan bagi para juara, baik di tingkat senior maupun kelompok umur. “Saya dan Ketua Umum Percasi akan menggaransi untuk juara 1 senior putra dan putri kita ikutkan ke Olimpiade Catur. Lalu Juara 1 Kelompok Umur 7, 9 , 11, 13, 15, 17, 19 putra/putri kita ikutkan ke kejuaraan junior di level Asia,” kata Agustiar Sabran.

DKI Targetkan Juara Umum

Sementara itu, Ketua Umum PB Percasi DKI Jakarta Pandapotan Sinaga menargetkan menjadi juara umum di Kejurnas kali ini. Pasalnya, DKI Jakarta sudah lama tidak menyandang predikat tersebut Kejurnas beberapa tahun terakhir. Status sebagai tuan rumah diharapkan para atlet Catur DKI dapat mencapai target tersebut. “Kita harapkan bahwa Jakarta selama ini pusatnya pecatur-pecatur atau olahraga kita kembalikan bagaimana kita merebut juara umum,” ujar Pandapotan.

Selain itu, Pandapotan juga berharap dari Kejurnas ini para pecatur DKI Jakarta mampu menunjukkan prestasi terbaiknya. Apalagi, ajang ini sekaligus sebagai persiapan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang.

Pembukaan Kejurnas Catur 2023 dibuka oleh PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang didampingi oleh Ketum KONI Pusat Marciano Norman, Ketum PB Percasi Utut Adianto dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *