oleh

Sumsel Jadi Yang Pertama di Indonesia Mendapatkan Coaching Clinic dari GM Ruslan Scherbakov

PALEMBANG, NAGARA.ID – Provinsi Sumsel menjadi yang pertama di Indonesia mendapatkan program pelatihan dari Grand Master Ruslan Scherbakov dari Rusia.  Hal ini diketahui ketika Ruslan didampingi Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Kritisnus Lim mendarat di Palembang untuk melakukan pelatihan catur (coaching clinic) yang diadakan Pengurus Besar (PB) Percasi bekerja sama dengan Pengprov Percasi Sumsel yang diadakan di Hotel Fave Palembang yang dilaksanakan sehari penuh, Senin (14/4/2022).

GM Ruslan Scherbakov dan Kriatianus Lim disambut Ketua Harian Percasi Sumsel BRM Aritonang dan Ketua Pengurus Kota Okov Simanjuntak di Chess Cafe setibanya dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II didampingi Ketua Panitia Coaching Clininc MN Nurdin Abukabakar dan sejumlah pengurus Percasi lainnya.

Dalam wawancara kepada media Kriatianus Lim, mengatakan program coaching clinic di Palembang merupakan yang pertama kalinya bagi Pecasi.  “Palembang merupakan yang pertama kalinya di Indonesia dan ini merupakan program yang sudah diprogramkan oleh Ketua PB Percasi GM Utut Adianto sejak lama,” katanya, Minggu (13/3/2022) di Chess Café Palembang.

Program ini merupakan janji ketua PB percasi GM Utut Adianto yang disampaikan pada pembukaan Kejurprov sekaligus pelantikan pengurus Percasi Provinsi Sumsel di Indralaya, 20 Juni 2021.

Sementara itu Ruslan dalam pembicaraan khusus ketika jamu makan malam di River Side Benteng Kuto Besak, mengatakan tantangan catur dewasa ini adalah bagaimana membuat catur sebagai permainan yang menarik. “Harus disampaikan apa yang menarik dalam permainan catur,” katanya.

Sementara untuk atlet catur dia mengingatkan perlunya banyak latihan dan bermain untuk mengembangkan kemampuan bermain dengan belajar pembukaan, permainan tengah dan ending game.

Teori-teori dan buku-buku banyak, katanya, tetapi selalu muncul teori-teori baru. Jadi harus mengembangkan diri sesuai dengan karakteristik permainan sendiri,” kata pelatih Tim Catur Asian Games Indonesia ini.

Adapun materi-materi yang akan disampaikan meliputi: Perhatian pada ide-ide lawan, Pemikiran profilaksis, Vizualisasi dan juga Pendekatan Konkret untuk Masalah Strategis dalam permainan catur.  “Satu lagi dan ini salah satu favorit saya sepanjang masa adalah Peranan Raja,” kata dia terkait dengan materi pelatihan yang akan diikuti lebih kurang 100 peserta dari Sumsel ini.  Tak lupa dia juga akan memberikan waktu untuk tanya jawab dari peserta.

Ruslan Scherbakov

GM Ruslan Scherbakov merupakan pecatur kawakan dari Rusia yang telah menangani pecatur pelatnas Asian Games pada Agustus 2010.

Dua atlet catur, GM Susanto dan GMW Irene Kharisma juga pernah menjalani pelatihan bersama Ruslan Scherbakov.

Menurut Kris alasan PB Percasi memilih Scherbakov untuk meneruskan program pelatnas adalah pertimbangan usia dan gaya yang lebih mampu mengimbangi perkembangan pecatur muda saat ini. Scherbakov juga dinilai memiliki basis data yang memadai mempertajam pecatur Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Coaching Clinic Nurdin Abubakar, pelatihan ini sangat langka dan bermanfaat bagi kemajuan catur di Sumsel.  Pihaknya mengundang sejumlah pengurus dari seluruh kabupaten kota yang ada di Sumsel.  Selain itu juga turut diundang para master nasional, pemain-pemain muda berbakat dan sejumlah undangan lainnya yang memberikan perhatian di dunia catur.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *