oleh

KUR Bank Sumsel Babel Dorong Ratusan Peternak Sapi di Bangka Belitung Lebih Maju

BANGKASELATAN, NAGARA.ID – Lebih dari 100 peternak sapi sudah merasakan manfaat menjadi mitra Bank Sumsel Babel.

Sekretaris Perusahaan Bank Sumsel Babel, Robi Hakim mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak ketiga untuk program penggemukan sapi.

“Melalui program ini, diharapkan harga daging sapi di Bangka Belitung menjadi lebih terkendali, dan diharapkan dapat mewujudkan swasembada daging,” katanya melalui rilis, Jumat (28/6/2024).

Tak hanya sekedar menyalurkan modal, Bank Sumsel Babel juga bekerja sama dengan pihak ketiga dan pemerintah untuk mendorong swasembada daging.

Salah satu peternak dan penggemuk sapi di Desa Sumber Jaya Permai Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Syaiful Amin (46) menyatakan sangat terbantu dengan adanya kredit usaha rakyat (KUR).  “Dengan KUR Bank Sumsel Babel, kini saya sudah memiliki 7 sapi, dan sudah bisa renovasi rumah dan juga membeli sepeda motor untuk operasional,” katanya, belum lama ini.

Ia mengatakan tim dokter hewan turun langsung melakukan penyuluhan dan juga pihak ketiga siap menampung sapi jika sakit.

“Ada asuransi yang bikin tenang, sapi kalau sakit bisa dengan mudah koordinasi dengan pihak ketiga untuk dipotong,” katanya lagi.

Manfaat yang sama dirasakan juga oleh, Suaji Ahmad, ia mengatakan jerih payah sebanding dengan yang diperoleh.

“Ikut KUR Bank Sumsel banyak manfaatnya, sehingga saat ini peternakan bisa berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Darminto warga desa setempat juga mengaku sangat terbantu menjadi mitra Bank Sumsel Babel.

Berkat program ini dirinya terbantu bahkan mendapat berkah yang lain yakni dari kotoran dan urine sapi yang juga bisa dimanfaatkan.

“Sekitar 90 persen pupuk dari perkebunan sudah tidak menggunakan pupuk kimia, semua organik dari urine dan kotoran sapi,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *