oleh

PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA REMAJA MELALUI PROTOKOL KESEHATAN

Oleh: Serri Hutahaean1, Nourmayansa Vidya Anggraini 2, Suci Wahyu Ismiyasa, S. Ft, M. Erg 3, Nur Fitriyah Efendy4, Vionita Apriliana5 -> 1,2,3,4,5Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi Oleh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, yaitu Ns. Serri Hutahaean, S.Kep., M. Kep.(Program Studi Keperawatan Program Sarjana), Ns. Nourmayansa Vidya A, M. Kep., Sp. Kep. Kom. (Program Studi Keperawatan Program Sarjana), Suci Wahyu Ismiyasa, S. Ft, M. Erg. (Program Studi Fisioterapi Program Diploma), serta 2 Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Nur Fitriah Efendy dan Vionita Apriliana, Pada Hari ini Kamis, 03 Juni 2021, Pukul 09.00 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul “Pencegahan Dan Penyebaran COVID-19 Pada Remaja Melalui Protokol Kesehatan di Holy Faithful Obedient (SD HFO) Sawangan Depok”. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit ini diselenggarakan secara daring dengan melibatkan siswa-siswi SD HFO Sawangan Depok. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan guru-guru dari sekolah tersebut.

Kegiatan PKM di SD HFO bertujuan untuk membina serta memberi bekal pengetahuan kepada siswa-siswi SD HFO mengenai pencegahan dan penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan 5M yaitu: (1) Mencuci Tangan, (2) Memakai Masker, (3) Menjaga Jarak 1- 2 meter, (4) Menjauhi Kerumunan, dan (5) Mengurangi Bepergian. Pada Kegiatan ini Ns. Serri Hutahaean, S. Kep., M.Kep selaku ketua PKM menjelaskan mulai dari pengertian virus corona, gejala dari virus corona, cara penyebaran dan juga bagaimana pencegahan dari Covid-19.

Siswa-siswi SD HFO juga diberi kesempatan untuk mengetahui dan mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar, juga cara menggunakan, melepas dan membuang masker yang tepat, yang seblumnya dipraktekkan terlebih dahulu oleh Ns. Nourmayansa Vidya A, M. Kep., Sp. Kep. Kom. (Cara Mencucui Tangan yang tepat melalui 7 Langkah), Suci Wahyu Ismiyasa, S. Ft, M. Erg (Cara Memakai, melepas dan membuang Masker).

Hasil penyuluhan ini menunjukkan terjadinya perubahan pada perilaku siswa sebelum dan sesudah dilakukan sosialisasi, penyuluhan, dan demonstrasi dengan hasil siswa yang memiliki perilaku baik dalam pencegahan Covid-19 mengalami peningkatan dengan persentase 78,1% menjadi 93,8%. Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan siswa-siswi SD HFO dapat menerapkan protocol kesehatan dalam pencegahan covid-19 di kehidupan sehari-hari sehingga penularan dan penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir khususnya di lingkungan keluarga dan tempat tinggal. Hal ini tentunya juga sejalan dengan program pemerintah untuk mengurangi kasus Covid-19 di Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *