oleh

PWI Segera Realisasikan Sekolah Jurnalistik Indonesia di Sumsel

PALEMBANG, NAGARA.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat segera menggeber program Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) di lima provinsi di luar Pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun saat menutup Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 45-46 di Hotel Beston Palembang, Sabtu (27/4/2024).  Dia mengatakan, program SJI ini merupakan kerja sama PWI Pusat dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurut Hendry, program SJI akan diprioritaskan untuk PWI Provinsi Sumatera Selatan, sebagai tempat lahirnya program unggulan tersebut di Bumi Sriwijaya.

“Silahkan dikirimkan proposal ke PWI Pusat karena Kemendikbudristek,” kata Hendry.

Selain Sumsel, PWI Pusat juga memprioritaskan PWI Lampung untuk segera menyelenggarakan program unggulan organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia tersebut.

“Terkait SJI, Minggu lalu saya mendapat kabar bahwa Kemendikbud Ristek dan Teknologi mau membiayai SJI tapi kalau tidak salah lima provinsi di luar Jawa,” kata Hendry.

Hendry mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut, dirinya menghubungi PWI Lampung untuk segera menggelar program SJI.

“Lampung kalau di Sumatera termasuk daerah yang tingkat pertumbuhan anggotanya tertinggi, sehingga perlu ada pendidikan dan pelatihan yang lebih intensif,” tuturnya.

Dikatakannya, SJI ini salah satu program unggulan PWI Pusat, karena waktu pelatihan lebih lama. Seperti di Jawa Barat kemarin, telah dilakukan pelatihan perkenalan dengan AI (artificial intelgent), hal ini sangat berbeda dari sebelumnya.

Lebih lanjut Hendry menjelaskan, terkait gunjang-ganjing mengenai UKW yang didanai BUMN belakangan ini  hanyalah miscommunication masalah mekanisme pembiayaan.

33 Kompeten dan Lima Belum Kompeten

Sementara itu, berdasarkan pelaksanaan UKW selama dua hari yang diikuti 48 peserta, diperoleh hasil 33 orang dinyatakan kompeten sedangkan lima orang belum kompeten, sembilan orang lainnya tidak hadir.  Mereka yang kompeten dua di antaranya adalah wartawan Nagara News Networtk (Nagara.id) yaitu, Sufyan ATS Aswari dan Amru Salam.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi mengaku sangat bangga dengan program PWI Pusat karena di Sumsel ini masih banyak wartawan yang belum ikut UKW.

“Saya berterima kasih atas kehadiran secara langsung Ketum PWI Pusat dalam penutupan UKW ini.  Hal senada disampaikan pula kepada penguji yang telah ikut menyukseskan kegiatan UKW hari ini,” ujarnya.

Hadir dalam acara penutupan UKW sore tadi, Direktur UKW Firdaus Komar yang pernah menjadi Ketua PWI Sumsel serta jajaran pengurus PWI Sumsel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *