oleh

Anggota Brimob Asal Belitang, OKU Timur Gugur di Papua

PALEMBANG, NAGARA.ID – Putera terbaik asal Belitang II, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha gugur dalam penugasan di Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiro yang langsung menginformasikan peristiwa gugurnya anggota Brimob tersebut akibat dihadang dan kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Secara terpisah Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri membenarkan atas kejadian tersebut.  Demikian pula Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yudo Nugroho mengatakan, jenazah Bharatu (Anumaerta) I Komang Wira Natha akan tiba di Palembang Rabu malam (28/4/2021).

“Jenazah nantinya akan dibawa menggunakan pesawat Batik Air dari Timika ke Cengkareng yang kemudian dilanjutkan terbang ke Palembang dengan menggunakan Batik Air juga. Jenazah diperkirakan akan tiba Rabu malam,”  jelas Kapolda.

Penyambutan jenazah Bharatu I Komang Wira Natha rencananya akan dilaksanakan di kargo Bandara Internasional SMB II Palembang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel dengan upacara militer sebagai bentuk penghormatan kepada Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri direncanakan akan langsung menjadi inspektur upacara dalam penyambutan secara militer di Palembang,” jelas Dansat Brimob.

Dikatakan Kapolda, “Kita turut berduka dan mengutuk keras kejadian ini. Almarhum, putra kebanggaan Sumsel, almarhum berjuang untuk NKRI, almarhum putra terbaik bangsa,” ujarnya singkat.

Dari informasi yang dihimpun, selain Bharada I Komang, ada dua anggota kepolisian lainnya yang menjadi korban dalam kontak tembak.

Berdasarkan data dua korban lain yakni Ipda Naton Tonapa dan Bripka Moh Syaifudin yang mengalami luka.

Kabinda I Gusti Putu Gugur

Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha Karya juga tewas setelah terlibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu 25 April 2021, sekitar 15.50 WIT.

Penghadangan ini terjadi ketika iring-iringan Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri tengah melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet.

Di tengah perjalanan, tiba-tiba KKB melakukan penghadangan dan kontak tembak keduanya tak terelakan.

Kabinda yang terlibat dalam aksi tembak-menembak pun gugur.

Panglima Kodam XVII/Cendrawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan, pelaku diduga anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *