oleh

Petani Temukan Mortir Perang Dunia II di Tangerang

TANGERANG, NAGARA.ID – Seorang petani Cisauk, kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang sedang berladang di kebun dikejutkan dengan adanya sebuah benda mencurigakan yang mirip sebuah bom jenis Mortir.

Kapolsek Cisauk, AKP Rolando VA Hutajulu membenarkan hal tersebut serta menjelaskan, penemuan benda mirip bom Mortir ini berlokasi di kampung Kedokan, Desa Cibogo, kecamatan Cisauk, kabupaten Tangerang.

Selain itu, Rolando juga mengungkapkan, penemuan benda ini berawal Jumat (21/2) siang hari sekitar pukul 13.30 WIB  ketika seorang petani yang sedang mencangkul sebidang tanah kosong miliknya.

Saat mencangkul, katanya, pacul mengenai benda keras, kemudian saksi masih melanjutkan mencangkul tanah tersebut.

Kapolsek Cisauk Rolando Hutajulu di lokasi penemuan mortir.

“Benda keras tersebut terlihat mencurigakan dan setelah ditarik oleh anak saksi benda tersebut berat. Setelah ditarik didapati ada benda seperti baling-baling di bagian belakang benda menyerupai Mortir,” ungkap Rolando.

“Kemudian saksi langsung menghubungi Jaro AKRI yang langsung menghubungi Polsek Cisauk guna penyelidikan lebih lanjut,” kata Rolando, Sabtu (22/2/2020).

Lebih jauh, Rolando menambahkan, seusai menerima laporan serta meninjau lokasi penemuan Mortir, pihaknya langsung memasang garis polisi serta menghubungi penjinak Bom (Jibom) dari Polda Metro Jaya (PMJ) untuk mengevakuasi.

“Mortir dapat diangkat serta diamankan oleh tim Jibom untuk di bawa ke Polda Metro Jaya,” terang Rolando, melalui keterangan tertulisnya yang diterima Nagara News Network.

Menurut Rolando, benda tersebut adalah Bom militer jenis Mortir berkarat dan masih aktif dengan ukuran panjang kurang lebih 35 cm, diameter 9,5 cm, sisa Perang Dunia II.

“Karena area lahan tersebut bukan lahan untuk latihan militer, lahan penemuan dinyatakan aman,” jelas Rolando.

Namun demikian dihimbau kepada masyarakat, apabila menemukan benda-benda yang mencurigakan segera melaporkan ke Kepolisian terdekat untuk di tindak lanjuti,” tandasnya.(By)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *